Minggu, 31 Maret 2013

Tips and Trik Jelang Liburan

Buat kamu-kamu yang memang suka berlibur saat liburan tiba, ada beberapa hal yang harus diperhatikan selain budget/dana yang akan dikeluarkan untuk liburan. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika kamu berlibur. Minimalisir hal tersebut dengan persiapan yang memang benar-benar telah di pikirkan sebelumnya. Berikut beberapa tips and trik untuk mengisi liburan kamu agar momen yang dihasilkan dapat berkesan.

Berlibur dengan kendaraan pribadi
Apabila kamu ingin berlibur mengunakan kendaraan pribadi seperti mobil maupun motor, hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi kendaraan yang akan digunakan saat berlibur. Cek kondisi kendaraan kamu mulai dari ban, oli, hingga sistem pengereman. Karena apabila kamu berlibur ke daerah yang menanjak, sistem pengereman akan banyak berperan dalam menahan kendaraan ketika menanjak.

Oli/pelumas mesin juga dirasa cukup penting karena ketika melakukan perjalanan kondisi mesin terus menyala dalam waktu yang lama. Jika oli kendaraan masih dalam keadaan bagus maka mesin tidak akan cepat panas.

Periksa kondisi ban kendaraan kamu mulai dari bagian luar apakah terdapat lubang atau bahkan sudah tipis akibat kikisan aspal. Jika hal ini dibiarkan akan mengakibatkan kendaraan akan mudah mengalami selip ban dijalan licin, berpasir, atau berkerikil. Periksa juga tekanan angin ban jangan sampai terlalu kencang atau kurang. Ini akan berpengaruh kepada responsif performa kendaraan kamu.

Kamera
Kamera adalah salah satu barang yang wajib dibawa ketika akan berlibur. Banyak momen-momen indah yang akan kamu abadikan melalui kamera. Tidak harus kamera SLR dengan resolusi tinggi, banyak kamera pocket dipasaran dengan resolusi sekelas kamera SLR untuk mengabadikan momen indah ketika berlibur. Atau dengan menggunakan kamera ponsel kamu dengan spesifikasi kamera minimal 2MP.
Hasil jepretan gambar tergantung dari angle yang kamu ambil. Disinilah darah seni kamu diasah untuk menjadi seorang photografer pemula.

Budget/dana
Ini yang paling penting. Perhitungkan budget yang akan kamu keluarkan untuk liburan. Jika perlu lakukan survey dengan agen travel untuk mengetahui berapa banyak budget yang akan kamu keluarkan. Sedikit saran, jangan mengeluarkan budget secara mendadak untuk liburan karena tentu saja itu akan menguras tabungan dan isi dompet kamu. Lakukan penghematan dari beberapa bulan sebelum merencanakan perjalana liburan. Apalagi liburan yang akan kamu rencanakan merupakan tempat yang sangat jauh. Belum lagi jika liburan mengharuskan untuk menginap.

Power Bank
Usahakan tetap membawa charger portable atau power bank walaupun sebelumnya dirumah kamu sudah mempersiapkan semua gadget kamu dalam keadaan full charge. Namun sesuai dengan pemakaian baterai HP, kamera atau gadget lainnya akan berkurang. Disinilah power bank akan sangat dibutuhkan dalam perjalanan liburan kamu.

Sekian dulu tips jelang liburan dari saya, maksimalkan liburan kamu dan teman-teman kamu dengan persiapan yang matang.

0 komentar:

Posting Komentar